05-06-2020


Terkuak! Inilah Mengapa Cortez dan Corsair Punya Kemiripan





Kamu pasti tahu Nike Cortez kan? Sepatu legendaris yang memiliki perpaduan warna putih, biru dan merah ini pernah  pernah muncul di film Forrest Gump dan menjadi salah satu seri Nike yang banyak dicari hingga kini.

Sekarang coba bandingkan dengan salah satu sepatu Onitsuka Tiger Seri Corsair.

Bagaimana?

Mirip bukan?

Nah, ternyata kemiripan kedua sepatu dari brand yang berbeda tersebut bukan karena tak sengaja, melainkan ada cerita dibaliknya.

 

Berawal dari eksperimen

 

Cerita kemiripan tersebut berawal dari sebuah perusahaan  bernama Blue Ribbon Shoe Company atau kerap disebut BRS yang didirikan oleh Philip Knight dan Bill Bowerman.

Philip adalah seorang pelari jarak menengah, sedangkan Bill adalah pelatihnya dan ia dikenal suka bereksperimen dalam merancang sepatu yang lebih ringan agar dapat dipakai dengan nyaman oleh para pelari.

Dibawa dari Jepang ke Amerika

Setelah lulus dari Stanford University, Philip pergi ke Jepang untuk menemui pihak Onitsuka Tiger dengan tujuan meyakinkan bahwa sepatu tersebut akan laris jika dijual di Amerika Serikat.

Akhirnya pada tahun 1963, Philip dan Bill secara resmi menjadi distributor Onitsuka Tiger di Amerika dalam naungan BRS yang kini dikenal dengan Nike Inc. Hubungan yang baik antara Onitsuka Tiger dan BRS kala itu berjalan mulus.

 

Terjadi perebutan hak cipta

Tahun 1968 BRS mulai mengimpor seri Limber untuk pasar Amerika, hingga kemudian dan BRS meminta agar Onitsuka mengembangkan sepatu dengan bantalan yang lebih empuk dari seri Limber dan terciptalah seri Cortez.

Ternyata Cortez memiliki antusiasme yang baik di Amerika, hingga akhirnya terjadi persengketaan mengenai hak cipta sepatu tersebut antara Onitsuka dan BRS.

Terciptanya Corsair

Ketika kasus tersebut dibawa ke pengadilan Onitsuka kalah dan harus menyerahkan hak cipta Cortez ke BRS. Namun Onitsuka tidak lantas memberhentikan produksinya, karena pabriknya di Jepang tetap membuat sepatu serupa dengan nama Corsair.

Cortez akhirnya diklaim sebagai sepatu pertama dari Nike dan  untuk membuatnya semakin memilii identitas maka ditambahkan lambang "Swoosh" dan mengganti midsolenya dengan rancangan sendiri.

 

Setelah perseteruan berpuluh tahun yang lalu itu, kini kamu dapat menikmati kenyamanan kedua sepatu tersebut dengan pilihan variasi yang semakin banyak.
















Written By

NINDY

Comment


rtf goks kk

gerald filemon Nice Info
Artikel Lainnya

Thrasher Fun Fact!

Pasti kamu pernah kan melihat kaos, topi atau bahkan kacamata dengan logo Thrasher dengan efek berapi? Atau jangan-jangan kamu juga memiliki salah satu item tersebut? Nah, bu...

Best Selling Nike Air Force,Here Are The Coolest Pair

Nowadays people like to wear athleisure  and streetwear to complete your look you can wear cool Nike Air Force, there are so many varieties you can choose from....

Inspirasi Airport Fashion Kai EXO Yang Bisa Kamu Coba

Bukan cuman soal wajah yang menarik dan gaya yang macho. Kai EXO di kenal sebagai salah satu Kpop Idol yang slalu tampil fashionable kemanapun dia pergi.Gaya Kai EXO...

Gaya Simpel Ala Krystal Jung Anti Bosan

Nama Krystal Jung mulai dikenal sejak dirinya bergabung dalam girlband f(x) di bawah naungan SM Entertainment. Penampilan gaya fashion perempuan kelahiran 24 Oktober 1994 ini pun kerap menarik perhatian banyak perempua...

Koleksi Eco Friendly Yang Wajib Kamu Punya

Dalam rangka mengurangi bahan baku plastic, Beberapa brands terkenal memproduksi barang dengan bahan baku yang sangat ramah lingkungan. Yuk kita lihat ada apa saja&h...

KEEP UPDATED AND GET THE SPECIAL OFFERS!

CUSTOMER SERVICE
PARTNERSHIP / WHOLESALE
biz.thefepi@gmail.com
ekim@thefepi.com
PAYMENT METHOD

VIEWED




Copyright @ PT. Ide Picup Group. 2020